Kamis, 10 Maret 2011

review jurnal teknologi informasi

2010 JITI
Journal of Information Technology Impact
Vol. 10, No. 1, pp. 25-34, 2010

Penilaian Terhadap Dampak Masuknya ICT Pada Institusi Pendidikan Tinggi Di Nigeria
Philip Achimugu1                Oluwatolani Oluwagbemi2        Adeniran Oluwaranti3
Lead City University             Lead City University                  Obafemi Awolowo University
Nigeria                                 Nigeria                                       Nigeria

Pendahuluan
Komunikasi adalah hal yang sangat penting terutama di era globalisasi seperti saat ini. Komunikasi menggunakan data elektronik menjadi standar yang digunakan secara luas pada berbagai sektor seperti pendidikan, pembayaran hutang serta video conference.
Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan penting dalam proses pendidikan. Internet sebagai salah satu produk teknologi informasi menjadi faktor terpenting bagi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang memberi dampak positif pada sektor ekonomi Nigeria. Pada sektor pendidikan, institusi pendidikan menggunakan komputer pada program pendidikan mereka dengan tujuan untuk menghasilkan kualitas pembelajaran dan kualitas output yang baik. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ICT memberi dampak positif pada pendidikan tinggi di Nigeria. Selain itu, jurnal ini juga bertujuan memaparkan pengaruh masuknya ICT pada mahasiswa sarjana dan pasca sarjana di institusi pendidikan di Nigeria. Metode yang digunakan adalah kombinasi dari observasi, interview dan beberapa dokumen sebagai data hasil penelitian. Hasilnya, ICT menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari reformasi pendidikan di Nigeria. ICT juga menjadi bagian yang terintegrasi pada pendidikan nasional di Nigeria khususnya pada pendidikan tingginya.

Teknologi informasi di Nigeria dikembagkan dengan cara : Meningkatkan kemampuan penggunaan IT pada remaja, memadukan IT ke dalam pendidikan serta mendirikan sekolah tinggi di bidang IT untuk mempersiapkan Nigeria bersaing di pasar internasional.
Bagaimana ICT Dapat Meningkatkan Kualitas Pendidikan
Peningkatan kualitas pendidikan melalui ICT dapat dilakukan dengan cara : meningkatkan motivasi peserta didik, dengan cara memfasilitasi ketrampilan dasar serta menambah guru yang mengajarkan IT. Peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dengan adanya ICT karena pembelajaran menggunakan ICT seperti video, televisi dan penggunaan multimedia komputer sampai kepada penggunaan internet sangat menarik sehingga meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. ICT juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui penambahan guru-guru yang mengajarkan IT serta peningkatan kualitas guru-guru tersebut.
Metode penelitian
Pada jurnal ini, peneliti menggunakan kombinasi observasi, interview dan bahan-bahan dokumen seperti buku teks, artikel dan laporan-laporan sebagai sumber data yang valid mengenai riset penelitian. Observasi dilakukan dengan melihat langsung kualitas pengguaan ICT di perguruan tinggi di Nigeria. Interview dilakukan terhadap 6 universitas terpilih di Nigeria yang mewakili keseluruhan universitas di Nigeria yaitu : Obafemi Awolowo University, Ile-Ife; University of Ibadan, Ibadan; Lead City University, Ibadan; Osun State University, Oshogbo; Bowen University, Iwo; serta National Open University of Nigeria, Ibadan Study Campus.
Setelah data diperoleh dari hasil interview, dilakukan analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Analisis Empirik
Dampak penggunaan ICT pada pendidikan tinggi di Nigeria adalah :
a. Menjadi jalan masuk bagi sumber pembelajaran
guru dan peserta didik memiliki jumlah buku pelajaran yang terbatas. Begitu juga perpustakaan yang memiliki koleksi buku yang terbatas. Dengan adanya internet serta website, berbagai pelajaran dapat diakses dari berbagai tempat kapan saja dengan jumlah yang tidak terbatas.. 
b. ICT dapat mengatasi perbedaan jarak yang menjadi penghalang tersebarnya pengetahuan
Dengan adanya ICT di Nigeria, komunikasi interaktif dengan alat elektronik dapat dilakukan dengan dua orang atau lebih dari tempat yang jauh dan pertukaran informasi melalui konferensi, symposium serta seminar. Teknologi ini dikenal dengan nama video conference. Teknologi ini sudah diimplementasikan di Obafemi Awolowo University (OAU) Ile-Ife serta di National Open University of Nigeria (NOUN).
c. ICT dapat menggantikan fungsi perpustakaan
d. Ada peningkatan status terhadap ICT di perguruan tinggi
Obafemi Awolowo University (OAU) Ile-Ife telah dikenal sebagai universitas pengguna ICT karena sejak tahun 1998, universitas tersebut menjadi universitas pertama yang mendirikan satelit  untuk  internet. Universitas ini telah memfasilitasi staf dan peserta didik dengan internet untuk pembelajaran serta untuk melakukan penelitian.
e. ICT memberi efisiensi pada pembelajaran jarak jauh
University of Ibadan, Obafemi Awolowo University dan National Open University of Nigeria saat ini telah mengoperasikan pembelajaran jarak jauh yang mengkombinasikan penggunaan teks dan internet untuk memberi pelajaran kepada mahasiswanya
Kesimpulan
Hampir semua negara didunia menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengajaran, pembelajaran serta penelitian. Pendidikan tinggi di Nigeria membutuhkan sumber-sumber peralatan ICT untuk meningkatkan dan memperluas pendidikan di Negara tersebut.


Penilaian Terhadap Jurnal
A.    Kelebihan
Pada jurnal ini terdapat beberapa kelebihan diantaranya dijelaskan tujuan penelitian, metode yang digunakan dalam memperoleh data hasil penelitian serta hasil penelitian pada abstrak. Kemudian dijelaskan kembali pada pembahasan.
Latar belakang peneliti mengangkat masalah perkembangan ICT pada pendidikan di Nigeria sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu mengetahui dampak positif perkembangan ICT pada pendidikan di Nigeria. Seperti diketahui, Nigeria adalah salah satu negara berkembang di benua Afrika. Sehingga kita perlu mengetahui bagaimana perkembangan penggunaan ICT di negara tersebut terutama dalam bidang pendidikan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
Pada pembahasan, sebelum membahas mengenai pendidikan serta penggunaan ICT pada pelaksanaan pembelajaran di Nigeria, peneliti memulai dengan menjelaskan mengenai ICT dan perkembangan ICT dalam bidang pendidikan sehingga kita mempunyai informasi awal mengenai ICT.
Kelebihan dari jurnal ini juga pembahasan secara bertahap mulai dari pendahuluan mengenai pengenalan ICT dan perkembangannya di berbagai sektor terutama pendidikan, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai penggunaan serta peraturan yang berkaitan dengan ICT di Nigeria, serta bagaimana ICT dapat meningkatkan kualitas pendidikan, dijelaskan pada pembahasan.
Metode yang digunakan untuk memperoleh data hasil penelitian juga sudah tepat yaitu observasi langsung ke universitas yang menjadi sampel, interview pada tokoh yang dianggap kompeten serta pengumpulan dokumen. Data menjadi lebih valid karena tidak hanya satu metode yang digunakan misalnya tidak hanya metode observasi saja.
Data yang diperoleh tidak hanya data kuantitatif tetapi juga data kualitatif. Tujuan penelitian yaitu mengetahui bagaimana ICT memberi dampak positif terhadap perguruan tinggi di Nigeria tercapai, ditunjukkan oleh analisis data empirik.

B.    Kelemahan
Ada beberapa kelemahan dari jurnal ini. Diantaranya tidak ditunjukkannya data kuantitatif dari hasil penelitian tersebut. Kemudian ada sedikit kekurangan pada kesesuaian tujuan penelitian dengan hasil yang diperoleh. Pada abstrak disebutkan dua tujuan yang diharapkan diperoleh melalui penelitian ini. Tujuan pertama dijelaskan secara lengkap pada analisis empirik. Akan tetapi, tujuan kedua kurang jelas dipaparkan.Selain itu, kesimpulan yang dipaparkan peneliti juga kurang sesuai dengan hasil penelitian yang diperoleh.
















Tugas  Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Penilaian Terhadap Dampak Masuknya ICT Pada Institusi Pendidikan Tinggi Di Nigeria

D
I
R
E
V
I
E
W
OLEH :
ASWARINA NASUTION
8106173023

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BIOLOGI
SEKOLAH PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
TAHUN AJARAN 2010/2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar